Senin, 06 April 2015

JALAN-JALAN KE JOGJA

Beberapa bulan kemaren, gue bareng sama pacar, @RanindityaEneng dan pacarnya @bramantyoarief jalan-jalan ke Jogja. Ini emang kesekian kalinya entah keberapa gue ke jogja sama pacar tapi baru pertama kali naik motor bonceng-boncengan kaya anak begal touring. Kita berangkat dari Purwokerto sekitar jam 8 pagi dan nyampe Jogja jam 1 siang, itu juga di tengah jalan mampir makan dan nambal ban. Sebelumnya, kita udah booking hotel di Rumah Nugraha Hotel di Jalan Wirosaban daerah ringroad selatan. Tarif hotel ini terbilang murah, kalo berdua 100k kalo berempat 120k itu udah dapet kipas sama kamar mandi dalem, buat backpacker kaya kita mah itu udah lebih dari cukup. Kita dapet info seputar hotel murah di jogja disini dan terbukti menurut gue recommended. Hotel yang gue booking lokasinya juga lumayan strategis, deket ke beberapa tempat wisata yang mau gue kunjungin, deket juga sama malioboro, dan di sekitar situ banyak tempat makan dari yang kaki lima sampe yang bintang lima *halah

Day 1. Perjalanan 5 jam gak bikin semangat kami luntur dan loyo. Setelah istirahat beberapa jam buat ngelurusin pantat, kita cus lagi ke Candi Ratu Boko. Candi ini letaknya di daerah bukit boko tepatnya di Jalan Solo kilometer 17, desa bokoharjo, kecamatan prambanan, Sleman, Jogja. Candi Ratu Boko emang gak jauh dari Candi Prambanan, cuma berjarak sekitar 3 km. Tiket masuknya 25k. Candi ini emang dikelola dengan baik, bahkan ada biro khusus yang nyediain paket tour Ratu Boko-Prambanan naik shuttle yang udah di sediain. Disini juga ada restaurant dengan desain dan view yang super romantis. Kebersihan disini  juga dijaga dengan baik, cuman sayangnya bangunan candinya udah banyak yang runtuh, gak selengkap Prambanan atau Borobudur. Tapi, disini jadi salah satu spot terbaik buat ngeliat sunset, cuma sayangnya waktu gue kesana lagi rada mendung jadi mataharinya ngumpet dibalik awan huft. Berikut nih beberapa hasil jepretan Candi Ratu Boko.

Setelah liat sunset, kita langsung balik ke hotel dan TEPARRR. Seharian total di perjalanan 6 jam lebih, pantat udah gak berbentuk, jadi kita putusin buat istirahat karena besok masih banyak planning yang harus kita jalanin.

Day 2. Rencana sih mau bangun gasik, siap-siap gasik, dan berangkat gasik. Tapi apalah daya, semua hanya wacana. Niatnya berangkat jam setengah 8, eh molor nyampe jam set 10. Ya, karena kita orang Indonesia, jadi kita cinta kebudayaan Indonesia (re: ngaret). Destinasi pertama itu Hutan Pinus Imogiri, letaknya ya di desa Imogiri, Bantul, Jogja. Tempat ini emang lagi hits abezz makanya kita kesana biar gak kalah hits sama yang lain wkwk ternyata masuk ke kawasan hutan pinus imogiri ini gak ada tiketnya, cuma cukup bayar parkir aja. Tempatnya bagus, kayak daerah rumahnya Edward Cullen. Ada bule yang bawa tiker sama makanan trus berasa lagi piknik gitu disini, ada juga yang lagi prewedding. Trus gue jadi envy, akhirnya foto ala-ala prewed juga sama pacar, ini nih hehehe

Kelar dari sini, kita lanjut ke Kebun Buah Mangunan. Letaknya masih satu kawasan sama Hutan Pinus Imogiri, kalo ke hutan pinus lebih nanjak lagi, kalo kebun buah itu dibawahnya. Kita ke kebun buah bukan buat metik buah, tapi buat ke gardu pandangnya yang juga gak kalah lagi hits. Dari sini kita bisa liat pemandangan bawah yang gatau itu di daerah mana, tapi asli bagus hijau dan ada sungai kecil memotong di tengahnya.

Setelah capek akhirnya sore hari kita balik ke hotel buat istirahat. Malemnya, rencana kita mau ke Jogja City Mall karena kabarnya ada wahana ice skating baru dibuka, eh setelah nyampe sana ternyata zonk. Arenanya kecil, dan bahkan bukan terbuat dari es tapi lilin, dan yang main disitu tuh banyakan bocah-bocah sama anak alay, pantesan tiketnya cuma 35k weekday dan 50k weekend. Akhirnya kita gajadi main ice skating dan makan di tempat makan yang melegenda yaitu Raminten. Kelar makan, kita mampir di nol kilometer Jogja alias malioboro buat nikmatin suasana malam jogja karena besok udah kudu balik lagi ke Purwokerto.

Day 3. Sama seperti hari sebelumnya, mager dan ngaret di pagi hari hehehe hari terakhir nih, rencana kita mau ke Candi Prambanan. Perjalanan kesana lumayan lama sekitar 45 menit dari hotel. Tiket masuknya kalo gak salah 25k, gue rada lupa hehe Candi Prambanan ini ternyata merupakan candi hindu terbesar di Indonesia dan terindah di Asia Tenggara loccchh. Begini nih penampakannya

Kelar dari sini, kita balik ke hotel buat check out dan makan. Tapi perjalanan ke hotel tidak seperti biasanya, kita dihadang sama 2 tilangan, dan pacar gue yang terganteng ini belom punya SIM C, doi punyanya SIM A. Jadi waktu ditilang doi ngaasihnya SIM A, ya tetep aja ketilang hahaha Biarpun gak punya SIM C tapi doi punya 50k, jadi kita bisa langsung lolos. Tilangan yang kedua untungnya gue sempet liat duluan, jadi kita tukeran posisi dan gak ketilang hehehe

Sekitar jam 1 kita cabut buat balik ke Purwokerto, niatnya kita mau mampir ke Kalibiru sama Pantai Glagah, tapi cuacanya mendung banget dan kita semua udah papda capek penegen buru-buru rebahan di kasur, jadi terpaksa gagal. Kita sampai di Purwokerto sekitar jam 5 dan sempet istirahat di warung kopi juga pas dijalan. Alhamdulillah selamat sehat wal'afiat tanpa kurang suatu apapun kecuali isi dompet yang seketika jadi kurus heuheu Travelling kali ini seru banget, apalagi ada temen juga karena biasanya gue cuma berdua sama pacar. Semoga besok bakal ada travelling-touring yang selanjutnya, yeahaaa~