Minggu, 09 Maret 2014

AULION, WHO'S HE?

Belakangan ini, YouTubers dan Instagramers *maksa* mule pada heboh sama video-video keren hasil karya anak-anak muda Indonesia. Berawal dari Bena (@benakribo) yg tenar duluan karna blognya yg super duper keren semesta galaksi dan berhasil menangin best blog taun 2009, 2011, dan 2012. Kalo gak percaya coba aja lo cek blognya disini. Dan ternyata Bena gak sendiri, dia punya pasukan yg menamai dirinya #IndoVidGram. Dari situlah gue pertama kali tau @aulion.


Sebenernya gue agak nyesel karna baru tau Aulion belom lama ini. Ternyata dua taun lalu doi pernah di undang ke DahSyat gara-gara video stop motionnya yg menggemparkan jagad raya #iyainaja. Yap, he is an Amateur Videomaker and YouTuber. Nama aslinya Aulia Rizsa Wirizqi, waktu kecil panggilannya Ica tapi sekarang nama bekennya Aulion. Doi lahir tanggal 3 Mei 1994. Rumahnya di Kelapa Gading. Banyak yg bilang doi mirip Bisma Smash, palah ada yg bilang mirip Bruno Mars, tapi bagi gue tetep doi yg paling kece hehe. Doi pernah sekolah di TK Al-Azhar, SMP Islam Tugasku, SMAN 77 Jakarta, dan pernah kuliah di Jerman ambil jurusan Sinematografi, dan sekarang lagi ngelanjutin kuliah di Universitas Multimedia Nusantara dengan jurusan KDV (Komunikasi Desain Visual), merinding gak? Gue sih merinding, banget.
Sejak kelas 3 SD, Aulion udah hobby banget ngutak ngutik handycam. Doi pertama kali bikin video taun 2007 waktu masih kelas 7 SMP cuma modal kamera hp sama mainan-mainannya, tapi gue salut banget untuk ukuran anak SMP video itu udah kelewat keren. Jaman SMP gue isinya cuma main congklak, bekel, atau masih seneng-senengnya baru bisa naik motor terus muter-muter komplek tiap sore. Dan yg jelas, waktu SMP hp gue masih nokia paling jadul yg layarnya kuning, bunyinya cempreng, dan bisa buat ganjel pintu saking gedenya, sementara doi udah pegang hp kamera sama handycam kemana-mana.
Dari situ mulai lah doi bikin-bikin video lainnya. Palahan waktu SMP doi pernah dapet tugas bikin video yg judulnya "Jakarta, Oh Jakarta". Disitu doi berperan sebagai director, editor, dan skripwritter sekaligus! Yg lebih keren lagi, doi belajar semuanya sendiri alias otodidak. Waktu SMA doi udah mantepin hatinya buat kuliah di Jerman dengan jurusan Sinematografi dan Alhamdulillah kesampean juga sekarang.
Emang ya, kalo udah bakat dan passionnya disitu apalagi ditambah kuliah dan fasilitas yg super memadai, sekarang Aulion bener-bener udah menjelma jadi sutradara muda yg kece badai ngelebihin jambul sama bulu matanya Syahrini. Video-videonya di youtube makin banyak, beragam, kreatif dan udah ditonton puluhan ribu orang. Sejauh ini video yg paling banyak ditonton berjudul "Televisionic Motion by Aulion" yg udah sampe 90ribu lebih viewers, waw! Disusul sama video berjudul "Maju Seribu Langkah" yg nyeritain tentang sejarah perfilman di Indonesia. Doi juga jago banget bikin stop motion sama cover-in MV kaya Justin Bieber, Katty Perry, One Direction, Taylor Swift, Keysha Medley, Lady Gaga, Spy, JKT48 sampe Coboy Junior juga ada. Selain itu doi juga pernah bikin parodi film "Habibie dan Ainun", bahkan yg terbaru doi nyobain bikin mini film horor comedy yg judulnya "Pulang Duluan". Video favorit gue judulnya "Heimat". Itu tuh project school doi yg nyeritain tentang kampung halaman menurut doi, dan keren banget pecah! 




Beberapa video hasil karya Aulion.

Pokoknya lo semua wajib banget cek akun youtubenya disini buat tontonin video-videonya Aulion, dijamin gak bakal nyesel! Bahkan gue tonton bolak balik pun gak pernah bosen karena selain jadi director sama editor, doi juga suka ikutan main di video-videonya. Atau lo bisa juga stalkingin Instagramnya @aulion. Yg lagi paling hot nih soal #alexionstory yaitu video-video kocak Aulion ngebully keponakan barunya si Alexa yg super lucu, unyu, gemes, dan pipinya cubit-able banget.

Aulion bareng Alexa yg suka jadi korban pembulian di video-video Instagramnya.


Secara pribadi, gue ngefans berat sama doi bukan karna doi ganteng ato apalah. Secara gue juga udah punya pacar yg gantengnya gak ketulungan #eaa *gelantungan di pohon toge*. Gue kuliah di jurusan Komunikasi, yg sedikit banyak di dalemnya juga mempelajarin tentang sinematografi. Gue juga pernah dapet tugas bikin film, asli capeknya minta ampun. Dua hari gak tidur dan mati-matian garap sampe kurus kering (oke itu boong). Dan setelah liat video-video Aulion gue bener-bener kagum sama doi. Gue banyak belajar dari karya-karyanya dan doi bener-bener menginspirasi gue. Tapi diliat-liat doi emang kece sih, kharismatik gitu, apalagi kalo udah megang kamera itu udah kece maksimal banget! *disampluk pacar*


Kemaren Aulion balik ke Jakarta kurang lebih sebulan buat liburan dan sempet ngadain meet and greet gitu di Fx Senayan yg berlanjut karokean di Inul Vista, sebenernya gue pengen banget ikutan tapi ya apa daya MnG-nya di Jakarta sedangkan gue lagi terjebak di kota kecil bernama Purwokerto ditambah tumpukan tugas-tugas kuliah yg menggunung. Yah alhasil cuma bisa stalkingin twitter @aulionism dan nontonin videonya di YouTube sambil gigitin jari pacar #yailah.
Sayangnya beberapa hari yg lalu Aulion udah balik lagi ke Jerman dan harus kuliah lagi. Rada sedih juga sih, tapi doi tetep doyan postingin video-video yg kece kok. Semoga Aulion cepet lulus dan jadi sutradara yg kece badai, biar perfilman Indonesia bisa makin maju dan jaya. Salam Aulionism! :))



Categories:

14 komentar:

  1. ternyata bukan cm gue yg beranggapan kalo dia keceh

    BalasHapus
  2. Aulionnnn tuh ganteng banget ya

    BalasHapus
  3. Bang yoyon pokoknya yg kece badaiii....

    BalasHapus
  4. Kak devina aureel ada blog gak ?

    BalasHapus
  5. Nama gw hampir kembar euy.. gw Aulia Risya Winiqi Putri. kalo nama Putrinya di ilangin.. aww.. btw ini pake adek gw.. Aulion sama gw beda 1 tahun 5 bulan.. cocok kali yak.. ciaaa.. ahayde..

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Kakak ini kuliah di purwokerto ?
    Kalo boleh tau di univ apa kak ?

    BalasHapus
  8. Sumpah aku nyesel banget baru tau fokusin idup dengan moto 'yutup lebih dari tv'. Jujur, youtuber pertama yg bikin aku suka yutup adalah Last Day Production, dan setelah liat video "Tipikal Anak Muda Indonesia', aku baru tau ada manusia bernama Aulion di dunia ini. Semenjak itu, aku jadi suka sama Aulion sampe hari ini. Aku juga udah download video2 yutup dia dan ga pernah bosen buat kepoin sosmednya sampe sekarang,

    BalasHapus