Minggu, 09 Maret 2014

CARA MUDAH HIDUP SEHAT


Dewasa ini, berbagai penyakit aneh mulai bermunculan dan menyerang manusia. Tingkat kesehatan pun semakin rendah. Bahkan bukan hanya orang-orang dewasa atau manula, anak-anak pun banyak yg ikut merasakan sakitnya berbagai penyakit.
Berkaca dari pengalaman saya, di usia saya yg masih terbilang cukup muda saya sudah memiliki riwayat penyakit yg cukup banyak. Bronkitis, Infeksi Saluran Pernafasan Akut, sampai Asam Lambung. Penyakit-penyakit ini baru mulai saya rasakan saat duduk di bangku SMA. Saat itu, saya memang memiliki berat badan yg sedikit berlebihan dan saya sangat malas berolahraga atau melakukan aktivitas-aktivitas fisik lainnya. Pola makan saya juga berantakan, saya sangat menyukai junk food dan dari kecil saya terbiasa minum air dingin. Ditambah dengan kebiasaan saya tidur di lantai dengan kipas angin yg menghadap ke tubuh dan jarang memakai jaket saat keluar di malam hari. Berbagai pengobatan sudah saya coba, hampir semua dokter sudah pernah saya datangi. Dari dokter, saya mendapatkan berbagai macam tips yg sepele namun bisa membuat tubuh sehat. Check this out!

1. Berjalan


Olahraga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Setidaknya minimal 3 kali seminggu kita berolahraga. Olahraga dapat menekan nafsu makan hingga 20 persen yg dapat menurunkan resiko kegemukan. Lakukan olahraga yg disukai agar kita enjoy dan tidak merasa terbebani. Namun, orang sering kali melupakan pentingnya olahraga karena kesibukan mereka. Jika tidak sempat berolahraga perbanyak aktivitas-aktivitas fisik yg bisa kita lakukan sehari-hari seperti berjalan. Berjalan sangat bagus untuk kesehatan. Jika pergi ke suatu tempat yg tidak terlalu jauh, pilihlah berjalan daripada naik kendaraan. Banyak yg berpikir dengan berjalan akan membuat tubuh tambah kelelahan. Padahal dengan melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan akan meningkatkan tenaga. Menurut sumber penelitian yang dilakukan para ahli kedokteran, dengan berjalan selama 10 menit, tidak hanya meningkatkan tenaga saat itu saja tetapi juga selama 2 jam kedepan, dan bila setiap hari dalam 3 minggu berjalan selama 10 menit maka tingkat energi yang dihasilkan jauh lebih tinggi lagi. Selain itu, rutin berjalan juga dapat dipercaya dapat menambah angka harapan hidup.

2. Perbanyak minum air putih
Air putih sangat berguna bagi tubuh karena mengandung mineral dan magnesium. Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi akan membuat perasaan yang lelah dan lemah. Untuk membentuk energi, tubuh memerlukan air sehingga bila pemasukan air kurang maka energi yang terbentuk pun tidak optimal. Minum segelas air juga diperlukan untuk memulihkan energi setelah berolah raga karena saat olah raga tubuh mengeluarkan cairan yang berlebihan dalam bentuk keringat. Baiknya konsumsi air putih minimal 8 gelas atau 1,5 liter karena setiap 25 kg tubuh kita memelukan 1 liter air perhari. Air putih dapat membantu melancarkan proses metabolisme dan mengeluarkan racun-racun yg ada di dalam tubuh dan juga dapat membuat kulit lebih halus dan cerah.

3. Tidur cukup

Tidur sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh termasuk otak dan emosional. Artinya, bila tidur mengalami gangguan atau kurang waktunya maka akan menimbulkan masalah bagi tubuh khususnya otak dan emosional. Orang yg tidur kurang dari 5 jam sehari akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Kurang tidur juga dapat meningkatkan kemungkinan anda mengalami stress dan meningkatkan rasa lapar yang berujung pada kegemukan. Sebaiknya tidur antara 6-8 jam perhari untuk meningkatkan daya berfikir dan regenerasi sel dalam tubuh. Di anjuran pula untuk tidur menghadap ke kanan, karena pada posisi itu organ tubuh tidak ada yg saling terhimpit atau tertindih.

4. Makan makanan sehat
Ada ungkapan yg mengatakan bahwa apa yg anda makan di dalam adalah apa yg akan anda rasakan di luar. Maksudnya segala macam makanan yg masuk ke dalam tubuh kita tentu akan berpengaruh dan terlihat pada tubuh kita. Makanlah makanan sehat, yg kaya akan vitamin dan cukup serat seperti buah dan sayur. Jangan takut makan daging karena tubuh juga memerlukan lemak, namun tetap batasi konsumsinya. Hidari terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dan makanan bersantan karena mengandung kolesterol yg tinggi dan junk food karena mengandung kalori yg tinggi dan soda yg dapat merusak ginjal. Makanlah makanan yg dimasak dirumah agar bisa lebih mengatur jenis makanan yg lebih sehat. Jika ingin makan diluar, pilihlah makanan yg lebih menyehatkan.

5. Tertawa

Tertawa merupakan salah satu bagian yg sering menghiasi hidup kita. Walaupun terlihat sepele, namun tertawa memiliki manfaat yg besar bagi kesehatan. Tertawa dapat meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan emosional dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan tertawa akan mengeluarkan hormon anti stress, oleh karena itu tertawa dapat menghilangkan stress dan mengubah mood seseorang menjadi lebih baik. Selain itu tertawa juga dapat membuat wajah terlihat awet muda.

Demikianlah beberapa aktivitas sehari-hari yg dapat saya berikan untuk meningkatkan kesehatan. Jangan menunda untuk memulai hidup sehat. Kesehatan tubuh kita ada di tangan kita sendiri. Semoga bermanfaat.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar