Jumat, 02 Januari 2015

PANTAI SUNDAK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA


Hamparan pasir putih bak kristal memancarkan kilaunya saat sinar mentari bersinar, suara ombak yang menggulung menyuarakan musik merdu, karang-karang dan rumput laut terlihat tersenyum dibalik air yang jernih dan mendinginkan badan yang lelah, payung warna warni berpadu cantik dengan birunya langit dan putih bersihnya awan, memanjakan setiap pasang mata yang melihatnya. And here I am, welcome to Sundak Beach Gunungkidul Yogyakarta!

Jogja emang selalu bikin ketagihan, dan bakal selalu ada alesan buat kesana lagi kesana lagi. Gak cuma Malioboro, Kraton, Tamansari, atau wisata-wisata lain di daerah kaki gunung Merapi, belakangan ini Jogja lagi ngehits banget sejak pantai-pantai di daerah Gunungkidul mulai terpublish dan banyak dikunjungi. Sebagai traveller, jiwa gue memanggil buat menyambangi pantai-pantai yang katanya masih perawan suci bersih itu. Gak pikir panjang, gue yang berdomisili di Purwokerto langsung tancap gas ke Jogja seorang diri naik efisiensi, tolelot~ Biar dikata cewek, tapi gue udah biasa banget pergi-pergi sendiri naik kendaraan umum, apalgi ke Jogja udah gak bisa diitung lagi berapa kali. Di Jogja, gue banyak temen yang bisa disamperin, dinginepin, dipalakkin, dan diajak jalan-jalan kesana kesini, jadi gue gak pernah khawatir kalo ke Jogja sendiri hihihi
Begitu sampe di Jogja, gue langsung ngumpul bareng cabe-cabean sohib-sohib gue yang kecenya selangit *apalagi kalo lagi nlaktirin* dan ngebahas soal rencana ke pantai besok. Banyak banget pantai-pantai yang ada di kawasan Gunungkidul, ada pantai Sundak, Drini, Panjang, Pok Tunggal, dan sebagainya. Mereka kaya geng pantai yang berkuasa dan markas tongkrongannya tuh di Gunungkidul gitu *apasih*. Kita sempet bingung mau ke pantai yang mana, pengennya sih semua di jabanin, tapi waktunya kayaknya gak cukup. Akhirnya kita putusin buat ke pantai Sundak yang masih jarang dikunjungin dibanding pantai lainnya.

******************************* Keesokan Harinya *********************************

Kita semua kesiangan! Niatnya mau bangun jam 5, sholat subuh, mandi cantik karna kamar mandi cuma 1 dan dipake gantian sama 6 orang, sarapan unyu dan tancap gas ke pantai. Tapi niat hanyalah niat, dan itu semua tinggal kenangan. Karna tidur jadi 1 dikosan temen gue di daerah kaliurang, kita jadi nggosip semaleman ngomongin cowok tetangga yang baru lepas behel, kelar begadang kita tidur nyenyak ditemenin udara di kaliurang yang dingin-dingin empuk, dan jadilah kita kesiangan. Gue yang bangun pertama langsung boker + mandi di sungai dan bangunin kebo-kebo yang masih pada molor mimpiin nasib behelnya cowok tetangga sebelah. Sekitar jam 8 kita tancap gas naik motor beboncengan kayak cewek-cewek touring gitu, dengan modal GPS + nekat karna kita semua gada yang tau jalan kesana.
Perjalanan ke pantai gak semulus pahanya Luna Maya. Kita lewat ringroad ke arah bukit bintang yang jalannya naik dan berkelak-kelok ditambah jalannya kecil. Tapi sebagai traveller sejati, gue gak putus asa. Justru tantangan kaya gini yang bikin jadi makin greget dan semangat. Setelah 2 jam lebih perjalanan, ditambah berehenti liat GPS dan berhenti tanya orang, finally sampai juga di Pantai Sundak Gunungkidul! Wohaaaa! *joget-joget*



Sebelum ke pantai, ada pos penjaga gitu dan kita harus bayar biaya masuk sebesar 10ribu, baru kita boleh berkeliling dunia pantai. Dan yang lo semua harus tau, pemandangan disana itu keren banget meeen, petjaahh! Karna masih jarang dikunjungin orang, jadi pantainya masih bersih, gak banyak sampah kayak di pantai-pantai lain yang udah rame. Dan karna gak terlalu banyak orang, jadi kita bisa bebas mau ngapain aja. Dari foto-foto, main air, main pasir, sampe kejar-kejaran kayak di pilem india juga bisa. Ada bukit-bukit yang ngelilingin pantai gitu, dan airnya bersih buanget sampe karang sama rumput laut dibawahnya bisa keliatan, ada ikan sama kepiting kecil juga, aaaaaa this is the reason why I love travelling, semua beban penat karna tugas kuliah dan masalah lainnya berasa hanyut kebawa ombak, I feel freeee! Kalo udah capek mainnya, kita bisa istirahat duduk manis di bawah payung-payung di pinggir pantai, atau berebah di gazebo-gazebo yang banyak disediain disana, biaya sewanya untuk payung sekitar 10ribu dan gazebo 25ribu. Laper? Gak perlu khawatir. Banyak ibu-ibu sosialita pegadang makanan yang buka warung di kawasan pantai. Tapi jangan berharap ada seafood-seafood kelas bintang 5, karna makanan yang dijualin disini menu warung kaki 5 tapi rasa bintang 5 kok *halah* macam mie goreng/rebus, nasi goreng, rujak/karedok, nasi ayam, dan pastinya es kelapa muda yang sueger abezz. Harganya terjangkau, mulai dari 5ribu-15ribu.
Udah puas main, udah kelar makan, hari makin sore dan kita putusin buat balik lagi ke Jogja karna perjalanan balik juga makan waktu sekitar 2 jam. Oya, sepanjang jalan di daerah Gunungkidul banyak banget penjual belalang goreng di pinggir jalan. Gue sempet kaget karna gak nyangka belalang bisa jadi rasa barbeque, keju, asin, pedes, dan lainnya gitu. Karna kita penasaran akhirnya cobain beli rasa pedes sama asin. Harganya buat yang di plastikin 10ribu, kalo yang di tempatin 25ribu. Tapi gue gak berani makan, karna kebayang mulu wajah belalangnya, takut arwahnya ngikutin gue terus sampe balik kosan nanti *alibi*


Perjalanan balik ke Jogja ditemenin sama gerimis-gerimis unyu, dan begitu masuk Jogja kita disambut sama hujan deras sederas tangisan gue waktu liat saldo atm lagi kritis-kritisnya. Jalanan daerah Seturan sampe banjir hampir selutut gitu. Akhirnya kita mampir ngebakso uleg, cucok banget dah pas lagi ujan deras gitu. Dan setelah bergelut sama derasnya ujan, akhirnya sampe juga di kosan temen. Capek, basah, ngantuk, tapi kita semua seneng karna pengalaman yang didapet bener-bener gak ternilai harganya. Besoknya gue balik lagi ke Purwokerto. Setiap gue pergi ke tempat baru, gue selalu takjub dan bersyukur sama Tuhan. Betapa indah ciptaan-Nya. Dan keindahan-keindahan itu yang buat gue selalu pengen travelling biarpun harus nyolong waktu di tengah sibuknya kuliah. Well, sekian cerita gue kali ini tentang Pantai Sundak di daerah Gunungkidul Yogyakarta. See you on another story! *ketjup*
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar