Kamis, 13 September 2018

EXPLORE LOMBOK - GAK SEBAGUS DI INTERNET?

Helloooooow~ Setelah vakum kurang lebih 3 tahun. Akhirnya ku kembali ke habitat hobby lama yeay! *bersihin sarang laba-laba di blog*
Jadi sekarang aku mau cerita pengalaman backpacker-ku ke Mataram Lombok dan Gili Trawangan yang super terkenal itu. Cekidot!
Aku pergi bareng mamah, dan karena kita mau mampir sebelumnya ke rumah temen mamahku di Surabaya, jadi kita putuskan buat naik kereta dari Kroya (Cilacap) – Surabaya Gubeng .
Setelah 9 jam dijalan dan bokong udah mulai memberontak, finally sampe juga di Surabaya!
Waktu itu, pertama kali aku ke Surabaya. Kesan pertamanya; panas, ramai, macet. Gak jauh beda sama Jakarta. Jadi, aku langsung nge-blacklist Surabaya buat jadi kota perantauan wkwk. Disana, kita cuma makan dan ngemall, abis tu langsung caw ke Bandara Internasional Juanda yang sebenernya ada di Sidoarjo, tapi banyak orang ngiranya di Surabaya, termasuk aku haha
Nah, ada kejadian gak terlupakan nih. Jadi, temen2 mamahku yang notabene “orang Surabaya” sotoy banget ngajak jalan sampe magrib, padahal kami flight jam 8an. Pas keluar dari mall mau on the way, kok dijalan ramai banget, dan mereka baru sadar kalo malem itu MALEM MINGGU! Deymn, jalanan penuh, ditambah gerimis, makin2 lah macet. Susah payah banget kita mau masuk tol, satu lampu merah aja bisa 3-4 kali berenti baru lolos. Jam 7 lebih kita masih dijalan, yasss aku sama mamah cuma bisa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karna kalo kita ketinggalan flight, rusak sudah itinerary kita. Dan walaupun bisa tetep berangkat beli tiket dadakan which is itu super mahal, hancur sudah mood kita buat liburan. Tapi Alhamdulillah, Tuhan mengijinkan kita tetep berangkat dengan flight itu walaupun harus lari2 karna udah dapet final call dan pas masuk orang sepesawat ngeliatin kami semua. Langsung pasang muka innocent wkwk
muka-muka abis lari marathon gara-gara udah final call.
Kami flight pake Lion Air, waktu itu aku gak niat2 banget cari promo tapi aku dapet harga standar sih sekali jalan sekitar 350ribuan per orang. Seperti maskapai low fare pada umumnya, fasilitas yang didapet ya biasa aja. Apalagi flightnya Cuma 50 menit dan malem hari, jadi no meal juga. Kami sampai di Mataram sekitar jam 9an malem dan langsung cus ke penginapan. Hotel kami ada tepat di pesisir Pantai Sengigi. Jadi bagian belakang hotel yaitu pool-nya langsung menghadap ke pantai dan dari pool kita bisa langsung jalan kaki ke pantai. But, Pantai sengigi ini masih berpasir hitam. Buat aku yang orang Cilacap jadi gak kerasa bedanya sama pantai-pantai di Cilacap yang kebanyakan berpasir hitam juga. Disana juga banyak pedangan lokal yang jualan perhiasan yang katanya mutiara asli tapi under 100k. Ya jelas bukan asli sih, tapi overall bagus kok bisa buat oleh2. Jangan lupa nawar ya! hehe *prinsip*
sunset di Pantai Sengigi. walau pasirnya hitam tapi bersih!
Besoknya, selain ke Pantai Sengigi kami juga ke Pantai Kuta Lombok. Disana pasirnya putih, ada buki-bukit kecil juga dibelakangnya. But, gak sebersih yang biasa aku lihat di tv atau internet. Disana juga banyak pedagang yang jual kaos oleh2. Bisa ditawar apalagi kalau beli lumayan banyak. Sayangnya, waktu disana tiba2 mendung. Jadi, kami putusin buat caw cari tempat berteduh sebelum hujan. Setelah mikir2 tapi gak nemu2 akhirnya kita iseng aja ngemall.
pasirnya bersih dan lautnya biru banget, ada bukit-bukit juga disekitarnya
Kata temenku yang pramugari dan sering ke Lombok ada makanan yang wajib banget dicoba yaitu Sate Rembiga, abis tu kami muter2 lah cari si sate itu. Sate Rembiga ini salah satu makanan khas Lombok. Bahannya utamanya sapi dan setauku gak ada kambing atau daging lainnya. Correct me if I wrong. Uniknya, sate ini udah dibumbui pas dibakar gatau bumbu apa yang dipakai, yang jelas bukan bumbu kacang/kecap. Bumbunya sedikit pedes, dan ngeresap banget ke dagingnya. Penyajiannya gak pakai bumbu apa2 lagi, sate aja. Dan emang satenya aja udah enak banget tanpa bumbu apapun! Nagihhhh! Seporsi waktu itu 25/30rb isi 8 kalau gak salah. Cukup murah karena dagingnya besar2 dan gak alot sama sekali. Aku juga pesen plencing kangkungnya harganya 15ribuan waktu itu, tapi gak doyan sama sekali :(
Sorenya kami cus buat nyebrang ke Gili Trawangan. Dari pelabuhan Mataram, waktu tempuhnya cuma 15-20 menit pakai perahu biasa. Harga tiketnya Cuma 12ribu pada saat itu. Kalau mau yang lebih mewah, bisa pakai speedboat dengan harga tiket sekitar 50ribuan. Yah, karna kami generasi irit merakyat jadi pakai kapal biasa ajah.
Setelah sampai di Gili Trawangan, kami langsung cari penginapan. Harga penginapan disana memang diatas rata-rata jadi kami cari homestay yang cukup nyaman dengan kamar mandi dalam, harga per malamnya 250ribu. Hanya saja lokasinya memang masuk jalan kecil tapi yha gak papa lah  yg penting bisa tidur :")
Gili Trawangan ini salah satu dari ketiga Gili yang ada di perairan Lombok. Lainnya ada Gili Air dan Gili Meno. Disini, kendaraan bermotor gak boleh masuk. Jadi cuma ada sepeda atau dokar, or simply jalan kaki kemana-mana sambal liatin bule2 ganteng xixixi. Biaya hidup disini memang beda jauh dibanding Mataram, yang sebenernya sudah lebih mahal dibanding di Jawa. Contohmya, seporsi bakso gerobakan yang biasanya 10-15ribu disini dijual 25ribuan, 1 cup gelato yang biasanya 15ribuan disini dijual 30ribuan, secangkir jus yang paling mahal 10ribu disini 25ribuan. Jadi saat nongkrong2 di café pinggir pantai kami hanya pesan minum, makan beratnya ditempat lain wkwk.
Gili Trawangan ini emang paling besar dibanding Gili lainnya, dan fasilitasnya paling lengkap juga, makanya paling ramai. Kalau suka jalan2 santai bisa jalan kaki aja muterin pulau, walau agak capek. Kalau mau sewa sepeda sehari sekitar 100ribuan dan naik dokar sekali jalan 50ribuan bisa untuk 4 orang.
lautnya jernih coyyy kaya muka mantan pas udah diputusin~

jalan kaki demi dompet yang lebih baik. shyap.
supaya gak dikira hoax :(
Besoknya, kami langsung cari sunset spot. Kami juga nemu ayunan ala2 yang banyak aku liat sebelumnya di Instagram. Disana, liat bule pake bikini udah lumrah banget kaya ikan asin pada dijemur. Bahkan orang Indo banyak juga yang ikutan pake bikini, walaupun gak semuanya pantes wkwk.
pepet terosssss
Abis tu kita putusin buat snorkeling. Wajib banget sih main ke daerah laut-pantai buat snorkeling. Pertama kali aku snorkeling itu waktu di karimunjawa, jadi aku penasaran juga sama bawah lautnya Lombok yang kata orang bagus banget ini. Di sepanjang jalan Gili Trawangan, ada banyak banget agen2 yang nawarin snorkeling. Biasanya mereka udah bikin paket2nya. Ada paket khusus Gili Trawangan, ada yg langsung 3 Gili (Trawangan, Meno, Air), ada yang include/exclude lunch. Kalian tinggal pilih tergantung estimasi waktu dan dana. Kami pilih paket snorkeling 3 Gili, biar gak rugi udah jauh2 kesini. Harganya waktu itu 150ribu per orang. Gak tau sih kalo rombongan bisa lebih murah atau engga. Di setiap Gili, kita akan mampir buat snorkeling sekitar 1 jam. Entah karna aku cuma snorkeling (bukan diving) atau gimana, tapi menurutku pada saat itu bawah laut disana gak lebih bagus dari di Karimunjawa. Bedanya, disini aku bisa lihat penyu, di Karimunjawa engga. Tapi dari segi kebersihan air dan keberagaman spesies lautnya menurutku lebih oke di Karimunjawa. Agak kecewa karna di tv dan internet kayaknya bagus banget gitu. Mungkin kalo belum pernah ke Karimunjawa akan ngerasa di Lombok bagus banget. Tapi yah, balik lagi perspektif orang kan beda-beda yak. Mohon netijen jangan membully yak. Hehe.
taken by mom yang takut nyemplung
Kira-kira jam 4 sore kami selesai snorkeling di 3 Gili itu. Kami langsung balik ke homestay karena badan udah capek dan super gosong, tapi hati super senang pastinya! Besok paginya kami balik ke Mataram dengan perahu yang sama kemudian lanjut flight balik ke kampong halaman. Gonna miss Lombok! *love sign*
Jadi segini aja cerita-ceritaku tentang liburan ke Lombok tanpa guide tour. Mungkin memang gak selengkap dan sebanyak destinasi yang pake guide tour, tapi sisi positifnya karena kami jalan sendiri jadi gak ada batasan waktu, bisa bebas mau kemana pun kan udah ada Google Maps dan disini banyak penyewaan kendaraan juga. Aku ngerasa bisa lebih quality time sama mamah.
Tips:
-          Bawa sunblock dan sebagainya karena rugi kalau gak snorkeling, topi pantai dan sunglasses is a must!
-          Pakai baju berbahan kaos atau terusan-terusan yang gak terlalu tebal supaya nyaman
-          Cari penginapan yang masuk gang, karena selisih harganya lumayan jauh. Maksimalkan waktu di luar jadi Cuma pakai penginapan untuk istirahat
-          Harus cobain Sate Rembiga!

Rate Lombok- Gili Trawangan 7/10.