Kamis, 13 September 2018

BACKPACKER SINGAPORE-MALAYSIA 2 ORANG MODAL SEJUTAAN. BISA BANGET!

Helloooow everybadehhhh~ welcome back to my channel bloggg~
So kali ini aku mau sharing pengalaman pertamaku ke luar negeri, backpacker sama mamah (lagi-lagi), dan tanpa guide tour (lagi-lagi). Modal tiket PP sejutaan aja untuk 2 orang! Penasaran gak? Harus donggg baca sampai kelar yaa wahai kalian-kalian pecinta jalan-jalan low budget macam sayah hahaha
Jadi waktu itu sekitar bulan Mei, aku dapat broadcast dari salah satu agent tour kalau doi lagi ada promo paket ke Singapore-Kuala Lumpur yang murah banget dibawah harga rata-rata tapi hanya ada di tanggal tertentu di bulan November 2017. Nah, tips pertama dariku, follow beberapa agent tour yang terpercaya buat ‘nyolong’ informasi kapan-kapan aja ada promo tiket pesawat, abis tu kita beli sendiri karena kalo beli dari mereka kan pasti tetep mereka ambil fee hehehe *gamau rugi*
Setelah aku cek di Travel*ka, ternyata bener aja di November itu tiket Cgk-Sin cuma dibandrol 200ribuan by Tiger Air. Setelah ku pikir-pikir, agak sayang kalau udah nyampe Singapore tapi gak sekalian mampir ke Malaysia yang jaraknya sedekat aku dan kamu~ uwuwuw~ Aku cek ternyata flight KL-Cgk juga lagi murce cuma 400ribuan by Malindo Air. Tanpa pikir panjang, ku sikat lah tiket itu! Tak lupa ajak mamah tercinta karna emang aku udah janji mau gantian tlaktir jalan-jalan karena sebelumnya mamah udah tlaktir aku ke Lombok. Yang belom baca ceritaku explore Lombok, boleh sekalian mampir kesini.
Langsung aja ke D-Day yak karena hari-hariku gak menarik buat diceritain kecuali pas lagi liburan haha Aku flight jam 9 pagi. Oh iya, sebelumnya aku dapet email kalo ternyata Tiger Air udah gak beroperasi lagi di CGK dan flight aku dialihkan by Scoot tapi tanpa ada tambahan biaya. Sayangnya, seperti maskapai low fare lainnya, ngareeeet sejam jadi jam 10an baru terbang.
tak lupa mengabadikan moment walau sedang ngaret
Sampai Spore sekitar jam 12an karena ada perbedaan waktu 1 jam lebih cepat. Di Indonesia aku udah beli paket data provider 3 seharga 80ribu yang katanya bisa buat roaming di hampir semua negara, tapi sialnya tu orang konter gatau tipu-tipu atau gimana pokoknya ni paketan gak bisa dipakai di Spore. Mamposlah. Mau beli paketan lagi tapi harganya lumayannn akhirnya aku nekat aja modal wifi (di hotel dan ditempat tertentu kalau lagi nemu) dan tanya-tanya orang serta itinerary yang udah aku buat
Changi Airport emang keren batsss
Itinerary emang penting banget guys. Aku selalu bikin sedetail mungkin. Dari bandara ke hotel naik apa, turun di stasiun mana, jarak antar lokasi kira-kira berapa kilometer dan bisa diakses naik apa aja serta estimasi biaya. Semua aku catet jadi pas paketanku bodhol alias elek alias useless aku gak terlalu bingung, tinggal tanya ke orang aja buat make sure aku gak nyasar.
Tips pertama: waktu aku tanya-tanya di bandara, harga paket data agak lumayan mahal diatas 150ribu dan paling kecil itu 100GB. Waktu aku ketemu orang Indo di jalan dan aku tanya, ternyata paket data bisa juga dibeli di Sevel harganya sekitar 100ribu dan karena itu 100GB jadi mending beli 1 buat berdua atau tiga orang aja jadi gak kebuang sia-sia dan lebih irit biaya. Minusnya, harus ada 1 hape yang direlakan untuk tathering, pastinya bukan iphone hahaha
Tips kedua: Semua transportasi di Spore terintegerasi dengan sangat amat baik, rapih, on time, dan oleh karena itu harganya lebih mahal dibanding di KL. Disini, kita harus punya Tourist Pass. Kalau kalian cuma beberapa hari di Spore kaya aku, better buat beli Tourist Pass merk Ezlink. Dia ini sistemnya deposit. Harga kartunya 20 SGD, sudah termasuk deposit 15 SGD, 5 SGD nya adalah harga kartu. Keuntungan kartu ini pertama, nantinya bisa di top up minimal 10 SGD aja. Kedua, bisa untuk MRT, LRT dan Bus karena ada juga Tourist Pass yang cuma bisa untuk MRT/LRT dan gak bisa buat Bus. Keuntungan ketiga, 1 kartu bisa dipakai buat beberapa orang jadi cukup beli satu nanti kalau masuknya berdua tinggal di tap 2 kali. Jadi kalian gak akan boros buat beli kartu karena kan harga 1 kartunya 5 SGD. Keempat, kalau kalian kira-kira gak ke Spore dalam kurun 5 taun, nanti kalau udah mau balik kartunya bisa di non aktifkan dan semua sisa saldonya bisa diuangkan lagi. Tapi kalau kalian berniat balik ke Spore dalam jangka 5 tahun, dibiarin aja kartunya bakal tetep aktif dengan minimum sisa deposit 5 SGD (CMIIW).
Tips ketiga: pesan hotel di daerah yang dekat tempat wisata dan stasiun/halte. Waktu itu aku pesen di daerah Bugis. Karena aku pergi sama mamah, jadi kurang nyaman kalau yang kamar dormitory jadi aku cari hotel yang paling murah yang penting ada AC dan kamar mandi dalem. Aku dapet harga 600ribu semalem (udah paling murah karena Bugis daerah wisata banget) non breakfast. Tapi kalau yang kamar jenis dorm banyak yang mulai dari 200ribuan udah sama breakfast.
Oke mari kita lanjut~ Di bandara aku akses wifi sebentar, bisa minta password dan usernya di bagian informasi dan free. Ada juga beberapa mesinnya, tinggal scan passport nanti akan muncul user dan passwordnya. Aku langsung ke hotel buat mandi dan siap-siap. Sempet hujan juga, sore harian baru mulai jalan. Tempat pertama yang aku datengin adalah Gardens by The Bay. Aku beli tiket online dulu buat masuk ke Cloud Forest di Travel*ka karena harganya lebih murce sekitar 300ribuan dan gak perlu antri beli tiket, tinggal scan kode QR nya aja. Gak perlu kujelasin lah ya tentang ini, googling ajahh wqwq yang jelas tempat ini recommended karena dalemnya luas dan banyak jenis bunga-bunga asli dari seluruh dunia. Plus ada air terjun indoor tertinggi (CMIIW). Buat yang demen foto macem mamahku ini surga banget sihhh, kalau aku cukup foto di beberapa spot aja karna anaknya gak demen foto hehe

tempatnya gede banget, bisa naik lift ke lantai atasnya juga jadi bisa liat semua spot dari atas.
Dari Cloud Forest kalian tinggal naik eskalator buat ke Flower Dom. Flower Dom bakal ngadain pertunjukan di malem hari dengan durasi sekitar 10 menit, ini unbreathable banget sih wajib di tonton apalagi free. Waktu itu aku nonton show yang jam 8 malem. Kalau siang hari Flower Dom juga ramai dan instagramable pastinya. Kelar dari Flower Dom kita naik MRT turun di Bugis Station dan nyempetin buat ke Bugis street sebelum pulang ke hotel. Disana ada banyak banget makanan jajanan dan oleh-oleh. Deket Bugis street juga ada Haji Lane yang sangat tersohor itu, tapi aku gak sempet foto-foto cuma lewat aja karna udah malem huhu
suka banget sama pertunjukannya!
Sebagai karyawan yang gak teladan-teladan amat tapi tetep harus ngikutin aturan perusahaan, aku cuma dapet cuti 2 hari. Sedih banget tapi show must go on. Besoknya, jam 7 kami udah ready dan langsung check out dari hotel. Kami naik MRT dan disambung Bus ke Sentosa Island buat ke Universal Studio Singapore tapi cuma ke spot fotonya aja karna waktu terbatas. Jarak dari kota ke USS agak jauh sekitar 30-45 menit. Abis itu kita langsung ke Merlion Park buat foto di patung singa biar temen-temen gak katain aku hoax ke Spore haha agak lucu sih karena aku kira patungnya besar ternyata kecil. Oh iya, di Spore ini aku memang gak wisata kuliner karena kuliner disini mahal. Untuk makan berat minimal 5 SGD jadi aku makan di tempat biasa aja yang penting kenyang *prinsip*

sudah sah jadi turis haha
Kelar panas-panasan di Merlion Park (serius panas banget), langsung caw pake MRT ke Kranji Station. Ini adalah stasiun paling ujung yang terintegerasi langsung sama bis buat ke Malaysia. Disini juga bisa non aktifin kartu Ezlink-ku. Sisa saldo sekitar 6 dollar langsung cair. Jadi total berdua selama 2 hari kami habiskan sekitar 50 SGD untuk transport MRT, LRT dan Bis. Agak mahal sih karena sekali jalan bisa 2-5 SGD. Oh iya, kalau kalian naik Bis juga bisa bayar tunai tapi pastikan uangnya pas ya karena supirnya gak bakal mau kasih kembalian.
Dari stasiun itu aku naik bis ke Johor Bahru cuma 1,6 SGD aja. Jaraknya gak terlalu jauh sekitar 1 jam. Nantinya kalian akan mampir ke imigrasi Spore buat minta cap keluar, trus naik bis lagi masuk ke Malaysia dan mampir di imigrasinya buat minta cap masuk. Kalau weekend antrian di imigrasinya bisa panjanggg banget, Bis ini bakal berhenti di terminal Johor Bahru jadi kalau mau ke KL harus nyambung naik bis lagi dengan biaya sekitar 15 MYR dan waktu tempuh yang lumayan panjang, 4-5 jam.
Aku berangkat kesorean karena kelamaan ngantri di imigrasi jadi nyampe KL sekitar jam 10 malem. Niat awal mau ke Petronas Twin Tower tapi gagal dan akhirnya langsung ke hotel. Aku nginap di daerah Bukit Bintang, tepatnya di Jalan Pudu. Hotelnya kecil tapi nyaman, dapet breakfast roti bakar dan telur rebus. Bukit Bintang juga salah satu daerah favorit karena dekat Jalan Alor yang penuh street food dan kebetulan hotelku juga dekat stasiun MRT. Di Malaysia, kita gak perlu beli Tourist Pass. Semua transportasi bisa beli tiketnya sekali jalan dan lumayan terjangkau mulai dari 1-5 MYR aja, 3 kali lebih murah dari di Spore! Haha
Lagi-lagi waktu yang terbatas mengharuskan kami buru-buru. Besoknya kami langsungn check out dan ke destinasi awal yang agak jauh dikit yaitu Batu Caves. Waktu aku kesana ada beberapa spot yang lagi direnovasi dan sekarang sudah jadi. Aku liat fotonya di internet jauh lebih bagus, tangga nya jadi warna warni ombre macem rambut anak ayam di pasar lho. Kalian bisa naik tangga ke puncak. Disana ada gua yang merupakan tempat sembahyang. Karena disini tempat suci, jadi no short pants ya.

Setelah itu kami langsung meluncur ke KLCC alias Petronas Twin Tower supaya afdol dan gak dibilang hoax lagi haha disini banyak yang jual fish eye supaya background twin towernya bisa kelihatan semua. Tapi karena aku bawa sport camera jadi gak perlu sewa/beli fish eye. Abis dari KLCC kami beli oleh-oleh di. Disini harganya bervariasi yaa jadi skill tawar menawar kalian sangat diperlukan haha setelah kelar belanja dan makan (disini banyak makanan dan jajanan enak dengan harga terjangkau), kami langsung meluncur ke bandara naik kereta bandara dengan  harga 150 MYR. Agak lumayan mahal sih tapi nyaman bangettt. Perjalanan 1 jam bisa disambi tidur dan menikmati pemandangan KL yang sama aja kaya Indo agak berantakan dan kotor, beda banget sama Spore hahaha
katanya kalau malam hari ini bagus banget. semoga bisa dikasih kesempatan kesini lagi jadi bisa liat KLCC di malam hari :)
Kesimpulan yang ku rasain, di Spore ini kaya dunia yang berbeda banget sama Indonesia (katro banget sumpah wkwk). Disana semua fasilitas lengkap dan nyaman. Kotanya bersih banget banget banget, rapih gak macet sama sekali bahkan selama 2 hari di Spore aku cuma liat 3 motor di jalanan, yg 2 motor sport yang 1 motor delivery order restoran. Semua sudut kotanya instagramable, bahkan trotoarnnya pun bagus banget pengen nangis akutuhhh. Nah kalo di Malaysia, itu hamper sama kaya di Indonesia. Apalagi di Johor Bahru, padahal berbatesan langsung sama Spore tapi begitu melintasi jembatan itu bener-bener beda banget. Di Malaysia motor memenuhi jalanan (kebanyakan motor bebek, aku hampir gak liat motor matic). Trus jalanannya pun sama kaya di Indo, aspalnya suka bolong, trotoar gak rata, ada sampah-sampah juga. Tapi overall fasilitas disana cukup lengkap, terintergerasi, nyaman dan pastinya jauhu lebih murah dibanding di Spore. Yha harga bawa rupa kan yhaaa~
Selesai sudah trip singkat 2 negaraku bersama mamah. Capek sudah pasti, apalagi kan gak bisa terlalu santai-santai karena waktu yang terbatas dan banyak spot yang ingin didatangi. Tapi yang jelas seru dan nambah banyak banget pengalaman. See ya on another trip!

Notes:
1 SGD = Rp. 10.000,-
1 MYR = Rp. 3.500,-
(kurs dapat berubah sewaktu-waktu)